Ciri Ciri Pantun, Pengertian dan Jenis Jenis Pantun

Ciri Ciri Pantun, Pengertian dan Jenis Jenis Pantun - Berbicara tentang pantun, tentu sudah tidak asing lagi di telinga kita karena memang pantun sudah sangat familiar di kalangan masyarakat Indonesia dan di beberapa negara lain, namun demikian, meskipun banyak orang yang bisa membuat pantun tetapi tidak tau atau tidak mengerti bagaimana sebenarnya ciri ciri pantun yang benar, bahkan ada juga yang bisa membuat pantun namun sama sekali tidak mengerti tentang apa itu pantun serta apa saja jenis jenis pantun.

Menyikapi masalah di atas, melalui artikel ini akan saya jelaskan secara singkat tentang apa saja yang menjadi ciri ciri pantun, menjelaskan tentang pengertian pantun, dan jenis jenis pantun. Baik kita mulai bahas satu persatu.

Ciri Ciri Pantun, Pengertian dan Jenis Jenis Pantun

Ciri Ciri Pantun

  • Pada umumnya pantun terdiri dari 4 baris/larik.
  • Setiap baris terdiri dari 8-12 suku kata.
  • Kata di akhir baris bersajak a-b-a-b atau a-a-a-a.
  • Beris pertama dan kedua merupakan sampira, yaitu pengantar menuju isi.
  • Baris ketiga dan keempat merupakan isi.
  • Sampiran dan isi merupakan hal yang terpisah.
  • Pantun adalah karya yang bersifat anonim, artinya tidak diketahui pengarangnya.

Dari beberapa ciri pantun di atas tentunya anda bisa dengan mudah mengenali bahwa bagaimana sebuah tulisan bisa di kategorikan sebuah pantun.

Pengertian Pantun


Pantun adalah puisi melayu asli yang sudah mengakar lama di budaya masyarakat. Pantun salah satu jenis karya sastrayf yang lama. Lazimnya puisi hanya terdiri atas 4 lari (baris) bersajak ab-ab atau aa-aa. Pada awal mulanya pantun merupakan sastra lisan, tapi kini pantun juga ada dalam bentuk tulisan. Keseluruhan bentuk pantun hanyalah berupa sampiran dan isi. Sampiran terletak pada baris pertama dan kedua dan biasanya tidak berhubungan secara langsung dengan bagian kedua. Baris ketiga dan keempat ialah bagian isi yang merupakan tujuan dari puisi tersebut.

Jenis Jenis Pantun


Jenis Jenis Pantun berdasarkan isi
Pantun Teka-teki
Adalah pantun yang berisi tentang teka-teki atau tebak-tebakan.
Pantun Persahabatan
Adalah pantun yang berisi tentang kisah-kisah persahabtan. Biasanya mengungkapkan tentang hubungan baik dengan teman atau sahabat.
Pantun Anak-anak
Adalah pantun yang bersisi tentang keceriaan anak-anak. Pantun anak-anak menunjukan kegembiraan dan kebahagiaan yang cocok dengan kehidupan anak kecil.
Pantun Nasehat
Adalah pantun yang berisi tentang nasehat-nasehat yang digunakan untuk memberikan saran kepada orang lain.
Pantun Budi Pekerti
Adalah pantun yang berisi tentang kesopanan dan perilaku.
Pantun Agama 
Adalah pantun yang berisi tentang hal-hal yang menyangkut keagamaan. Tidak jarang pantun agama biasanya berisi petuah-petuah dan ajakan menuju kebajikan.
Pantun Jenaka
Adalah pantun yang berisi tentang hal-hal yang lucu dan jenaka.
Pantun Cinta
Adalah pantun yang berisi tentang hal-hal yang berkaitan dengan percintaan.
Pantun Pahlawan
Adalah pantun yang berisi tentang pengorbanan dan perjuangan bak seorang pahlawan.
Pantun Perpisahahan
Adalah pantun yang berisi kata-kata perpisahan atau kata-kata penutup.

Jenis Jenis Pantun berdasarkan keterkaitan sampiran dan isi
Pantun Mulia
Pantun mulia adalah pantun yang memiliki keterkaitan sampiran dan isi. Kata-kata yang diungkapkan pada sampiran merupakan indikasi keterkaitan terhadap isi.
Pantun tak Mulia
pantun tak mulia adalah pantu yang tidak memiliki keterkaitan antara sampiran dan isi. Pantun tak mulia adalah lawan dari pantun mulia.
Artikel terkait

Ini saja yang bisa saya jelaskan pada artikel kali ini, semoga penjelasan singkat di atas bermanfaat dan terimakasih sudah membaca artikel Ciri Ciri Pantun, Pengertian dan Jenis Jenis Pantun.