20 Cerita Rakyat Singkat | Cerita Rakyat Nusantara (Indonesia)

Kumpulan Cerita Rakyat Singkat - Anda sedang membaca artikel kumpulan cerita rakyat indonesia dari seluruh nusantara. Di artikel ini ada saya sediakan beberapa cerita rakyat baik yang berupa legenda maupun dongeng yang umumnya sudah sangat populer di masyarakat. Namun sebelumnya saya akan membahas sedikit mengenai apa itu cerita rakyat.

Cerita rakyat adalah cerita yang berasal dari masyarakat, kemudian cerita tersebut di ceritakan secara turun temurun dan berkembang dalam masyarakat pada masa lampau. Umumnya cerita cerita tersebut akan menjadi ciri khas setiap bangsa atau daerah yang memiliki kultur budaya yang beraneka ragam mencakup kekayaan budaya dan sejarah yang dimiliki masing-masing bangsa. Pada umumnya, cerita rakyat mengisahkan tentang suatu kejadian di suatu tempat atau asal muasal suatu tempat. Tokoh-tokoh yang dimunculkan dalam cerita rakyat umumnya diwujudkan dalam bentuk binatang, manusia maupun dewa.
Baca Juga => Macam Macam Cerita Rakyat
Jika di perhatikan, maka kita akan sangat mudah mengetahui bahwa sebuah cerita yang di ceritakan merupakan cerita rakyat karena secara garis besar cerita rakyat memiliki ciri ciri tersendiri, dan berikut ini adalah ciri dari cerita rakyat

Kumpulan Cerita Rakyat Nusantara (Indonesia)

Ciri ciri Cerita Rakyat

  • Disampaikan turun-temurun
  • Tidak diketahui siapa yang pertama kali membuatnya
  • Kaya nilai-nilai luhur
  • Bersifat tradisional
  • Memiliki banyak versi dan variasi
  • Mempunyai bentuk – bentuk klise dalam susunan atau cara pengungkapkannya
  • Bersifat anonim, artinya nama pengarang tidak ada
  • Berkembang dari mulut ke mulut
  • Cerita rakyat disampaikan secara lisan

Seperti yang saya sampaikan di awal bahwa melalui artikel ini anda bisa menemukan beberapa cerita rakyat singkat yang mungkin sudah sangat populer di masyarakat, dan beberapa cerita rakyat tersebut adalah

Cerita Rakyat Singkat "Legenda Lutung Kasarung"
Pada jaman dahulu di daerah pasundan ada seorang raja yang bernama Prabu Tapak Agung. Beliau memimpin wilayahnya dengan sangat bijaksana, sehingga dicintai oleh rakyatnya. Sang raja mempunyai dua orang putri yang cantik. Yang tertua bernama Purbararang, dan adiknya bernama Purbasari.
Cerita Rakyat Singkat "Legenda Alue Naga"
Suatu hari Sultan Meurah mendapat khabar tentang keresahan rakyatnya di suatu tempat, lalu beliau mengunjungi tempat tersebut yaitu sebuah desa di pinggiran Kuta Raja untuk mengetahui lebih lanjut keluhan rakyatnya.
Cerita Rakyat Singkat "Legenda Rawa Pening"
Pada zaman dahulu, hidup seorang wanita bernama Endang Sawitri yang tinggal di desa Ngasem. Endang Sawitri sedang hamil, dan kemudian dia pun melahirkan. Anehnya, yang dilahirkan bukanlah bayi biasa, melainkan seekor naga. Naga tersebut kemudian diberi nama Baru Klinting. Baru Klinting adalah seekor naga yang unik. Dia bisa berbicara seperti manusia. 
Cerita Rakyat Singkat "Sangkuriang (Gunung Tangkuban Perahu)"
Pada jaman dahulu, di Jawa Barat hiduplah seorang putri raja yang bernama Dayang Sumbi. Ia mempunyai seorang anak laki-laki yang bernama Sangkuriang. Anak tersebut sangat gemar berburu di dalam hutan. Setiap berburu, dia selalu ditemani oleh seekor anjing kesayangannya yang bernama Tumang. Tumang sebenarnya adalah titisan dewa, dan juga bapak kandung Sangkuriang, tetapi Sangkuriang tidak tahu hal itu dan ibunya memang sengaja merahasiakannya.
Cerita Rakyat Singkat "Legenda Roro Jongrang"
Alkisah pada zaman dahulu kala, berdiri sebuah kerajaan yang sangat besar yang bernama Prambanan. Rakyat Prambanan sangat damai dan makmur di bawah kepemimpinan raja yang bernama Prabu Baka. Kerajaan-kerajaan kecil di wilayah sekitar Prambanan juga sangat tunduk dan menghormati kepemimpinan Prabu Baka.
Cerita Rakyat Singkat "Legenda Danau Toba"
Di wilayah Sumatera hiduplah seorang petani yang sangat rajin bekerja. Ia hidup sendiri sebatang kara. Setiap hari ia bekerja menggarap lading dan mencari ikan dengan tidak mengenal lelah. Hal ini dilakukannya untuk memenuhi kebutuhannya sehari-hari.
Cerita Rakyat Singkat "Legenda Malin Kundang"
Dahulu kala, hiduplah sebuah keluarga di pesisir pantai wilayah Sumatra. Keluarga itu mempunyai seorang anak yang diberi nama Malin Kundang. Karena kondisi keluarga mereka sangat memprihatinkan, maka ayah malin memutuskan untuk pergi ke negeri seberang.
Cerita Rakyat Singkat "Timun Mas"
Di suatu desa hiduplah seorang janda tua yang bernama mbok Sarni. Tiap hari dia menghabiskan waktunya sendirian, karena mbok Sarni tidak memiliki seorang anak. Sebenarnya dia ingin sekali mempunyai anak, agar bisa membantunya bekerja.
Cerita Rakyat Singkat "Bawang Merah & Bawang Putih"
Jaman dahulu kala di sebuah desa tinggal sebuah keluarga yang terdiri dari Ayah, Ibu dan seorang gadis remaja yang cantik bernama bawang putih. Mereka adalah keluarga yang bahagia. Meski ayah bawang putih hanya pedagang biasa, namun mereka hidup rukun dan damai. Namun suatu hari ibu bawang putih sakit keras dan akhirnya meninggal dunia. Bawang putih sangat berduka demikian pula ayahnya.
Cerita Rakyat Singkat "Legenda Batu Menangis"
Disebuah bukit yang jauh dari desa, didaerah Kalimantan hiduplah seorang janda miskin dan seorang anak gadisnya. Anak gadis janda itu sangat cantik jelita. Namun sayang, ia mempunyai prilaku yang amat buruk. Gadis itu amat pemalas, tak pernah membantu ibunya melakukan pekerjaan-pekerjaan rumah. Kerjanya hanya bersolek setiap hari.
Cerita Rakyat Singkat "Legenda Telaga Bidadari"
Telaga itu tidak seberapa lebar dan dalam, kurang lebih tiga meter panjangnya dan dua meter lebarnya dengan kedalaman dua meter. Airnya Bening dan jernih, tidak pernah kering walau kemarau panjang sekalipun. Letaknya di atas sebuah pematang, di bawah keteduhan, kelebatan, dan kerindangan pepohonan, khususnya pohon limau. Jika pohon-pohon limau itu berbunga, berkerumunlah burung-burung dan serangga mengisap madu. Di permukaan tanah itu menjalar dengan suburnya sejenis tumbuhan, gadung namanya.
Cerita Rakyat Singkat "Asal Mula Selat Bali"
Dahulu kala hiduplah seorang Brahmana benama Sidi Mantra yang sangat terkenal kesaktiannya. Sanghyang Widya atau Batara Guru memberi hadiah harta dan seorang istri yang cantik. Sesudah beberapa tahun menikah, mereka mendapat seorang anak laki – laki yang diberi nama Manik Angkeran. Manik Angkeran bertumbuh menjadi seorang pemuda yang gagah dan pandai, namun Ia suka berjudi.
Cerita Rakyat Singkat "Legenda Cinderelas"
Raden Putra adalah raja dari kerajaan Jenggala . Dia memiliki seorang ratu yang cantik dan selir . Tidak seperti ratu , selir memiliki kepribadian buruk . Dia iri dan cemburu dengan ratu , jadi dia berencana untuk membuat ratu meninggalkan istana . Selir kemudian meminta penyembuh kerajaan untuk membantunya dalam rencananya . Suatu hari , selir pura-pura sakit . Raden Putra disebut penyembuh kerajaan untuk memberikan perawatan selir.

Semua lanjutan cerita rakyat tersebut bisa anda baca dengan mengklik ==>> Di Sini


Itu lah beberapa contoh cerita rakyat Indonesia yang sangat populer di masyarakat. Semoga bisa menjadi hiburan bagi anda semua. Selamat membaca dan terimakasih sudah berkunjung di artikel Kumpulan Cerita Rakyat Nusantara (Indonesia).