Kumpulan Cerita Rakyat Bali

Cerita Rakyat Bali - Sebagai salah satu pulau yang cukup terkenal dengan budaya dan keragaman alamnya, Bali tentu saja selalu memiliki cerita yang menarik untuk di bahas, apa lagi jika cerita tersebut merupakan cerita rakyat bali zaman dahulu karena tidak ada tempat yang tidak memiliki sejarah, dan di Bali tentunya ada banyak sekali tempat tempat bersejarah dengan berbagai kejadian.

Sebagai orang yang lahir dan besar di bali, saya banyak mendengar kisah kisah atau cerita rakyat bali yang mengisahkan kejadian kejadian zaman dahulu, dan dari banyak kisah yang pernah saya dengar, ada dua cerita rakyat bali yang sangat saya sukai, dan kedua cerita rakyat dari bali tersebut adalah kisah legenda Kebo Iwa dan Cerita tentang Calon Arang, dan kedua cerita rakyat bali tersebut akan saya ceritakan pada artikel kali ini.

Kumpulan Cerita Rakyat Bali

Cerita rakyat bali: Legenda Kebo Iwa


Pada jaman dahulu, di Bali, hiduplah sepasang suami istri yang sangat kaya raya. Akan tetapi mereka belum dikaruniani anak. Untuk itu, pergilah mereka ke pura untuk sembahyang dan memohon kepada Yang Maha Kuasa agar dikaruniani seorang anak. Mereka melalukan sembahyang setiap hari tanpa hentinya. 
Setelah sekian lama waktu berlalu, si istri mulai mengandung. Suami istri itu pun merasa bahagia dan tak lupa mengucap syukur kepada Yang Maha Kuasa. Akhirnya, setelah sembilan bulan lamanya mengandung, lahirlah seorang bayi laki-laki. 
Waktu pun berlalu. Sang istri mulai mengandung. Betapa bahagianya mereka. Beberapa bulan kemudian, lahirlah seorang bayi laki-laki. Ternyata yang lahir bukanlah bayi biasa. Ketika masih bayi pun ia sudah bisa makan makanan orang dewasa. Setiap hari anak itu makan makin banyak dan makin banyak. ==>> Baca Selengkapnya

Cerita rakyat bali: Kisah Calon Arang


Pada suatu masa di Kerajaan Daha yang dipimpin oleh raja Erlangga, hidup seorang janda yang sangat bengis. Ia bernama Calon Arang. Ia tinggal di desa Girah. Calon Arang adalah seorang penganut sebuah aliran hitam, yakni kepercayaan sesat yang selalu mengumbar kejahatan memakai ilmu gaib. 
Calon arang mempunyai seorang putri bernama Ratna Manggali. Karena puterinya telah cukup dewasa dan Calon Arang tidak ingin Ratna Manggali tidak mendapatkan jodoh, maka ia memaksa beberapa pemuda yang tampan dan kaya untuk menjadi menantunya. Karena sifatnya yang bengis, Calon Arang tidak disukai oleh penduduk Girah. Tak seorang pemuda pun yang mau memperistri Ratna Manggali. Hal ini membuat marah Calon Arang. Ia berniat membuat resah warga desa Girah. 
“Kerahkan anak buahmu! Cari seorang anak gadis hari ini juga! Sebelum matahari tenggelam anak gadis itu harus dibawa ke candi Durga!“ perintah Calon Arang kepada Krakah, seorang anak buahnya. Krakah segera mengerahkan cantrik-cantrik Calon Arang untuk mencari seorang anak gadis. Suatu perkerjaan yang tidak terlalu sulit bagi para cantrik Calon Arang. ==>> Baca Selengkapnya

Kedua cerita rakyat dari bali di atas tentunya sangat menarik untuk di simak, jadi tidak heran jika sampai sekarang masih banyak masyarakat bali yang masih melestarikan atau menceritakan cerita tersebut secara turun temurun agar generasi masyarakat bali tidak pernah melupakan cerita rakyat bali yang pernah terjadi pada zaman dahulu.

Semoga kedua cerita rakyat di atas bisa membuat kita lebih mengenal sejarah bali lebih jauh. Selamat membaca dan terimakasih sudah membaca artikel Kumpulan Cerita Rakyat Bali di blog http://ceritadandongengrakyat.blogspot.co.id/


Masukkan Email Untuk Update Artikel Terbaru: